Tabel Jarak Renggang Klep Motor Honda Yang Ideal

Tabel Jarak Renggang Klep Motor Honda Yang Ideal
Kerenggangan klep atau valve pada setiap tipe mesin motor Honda akan berbeda-beda. Tidak sesuainya jarak renggang klep dapat berakibat tenaga motor tidak maksimal. Klep itu sendiri hanya terdapat pada motor 4 langkah dan untuk motor 2 langkah pada umumnya tidak memakai klep.

Pengertian Klep atau Valve

Klep atau bisa disebut valve adalah suatu alat atau bagian dari mesin motor yang bersifat dinamis yang terpasang pada kepala silinder. Klep dibuat dari bahan yang keras dan mudah menghantarkan panas. Klep menerima panas dan tekanan yang tinggi dan selalu bergerak naik dan turun, sehingga memerlukan kekuatan yang tinggi dan klep diharuskan tahan terhadap panas dan gesekan.
Klep
Klep

Dampak Setelan Klep atau Valve yang Tidak Tepat

Tekanan kompresi di dalam ruang bakar sangat dipengaruhi oleh penyetelan klep atau valve. Jika setelan klep terlalu rapat tidak sesuai standar berarti klep cepat membuka dan lebih lama menutup, pembukaan yang lebih lama membuat gas lebih banyak masuk.
Berikut dampak setelan klep yang terlalu rapat :
  • Bahan bakar menjadi boros,
  • Tekanan kompresi menjadi bocor,
  • Tenaga mesin berkurang,
  • Mesin tidak bisa stasioner,
  • Motor sulit dihidupkan,
  • Dapat terjadi ledakan pada karburator (khusus motor karbu).
Dan apabila setelan klep terlalu renggang berarti klep terlambat membuka dan cepat menutup. Apabila hal ini terjadi pada klep masuk maka pemasukan campuran bahan bakar udara berlangsung cepat sehingga jumlah campuran yang masuk sedikit.
Berikut dampak setelan klep yang terlalu renggang :
  • Bahan bakar yang masuk berkurang,
  • Pembuangan gas tidak bersih,
  • Tekanan kompresi menjadi rendah,
  • Motor sulit dihidupkan,
  • Suara mesin berisik,
  • Tenaga motor menjadi berkurang dan cepat panas,
  • Mesin tersendat- sendat pada putaran tinggi,
  • Mesin tidak bisa stasioner.

Daftar Tabel Setelan Standar Resmi Klep atau Valve Motor Honda

Tipe Motor HondaUkuran Dalam Mili Meter (mm)
Klep InKlep ExBatas Toleransi
Beat0,160,16± 0,02
Beat FI0,140,14± 0,02
Beat FI eSP0,120,18± 0,02
Blade0,100,10± 0,02
Blade FI0,100,17± 0,02
CB150R0,160,25± 0,03
New CB150R0,160,25± 0,03
CBR 150R0,160,25± 0,03
CBR 250R0,160,27± 0,03
CS10,060,28± 0,02
Kharisma0,050,05± 0,02
Kirana0,050,05± 0,02
Legenda0,050,05± 0,02
Mega Pro0,100,10± 0,02
Mega Pro FI0,100,14± 0,02
New Mega Pro0,100,10± 0,02
New Supra X 125 FI0,100,17± 0,02
PCX 1250,100,24± 0,02
PCX 1500,100,24± 0,02
Revo0,100,10± 0,02
Revo FI0,100,10± 0,02
Scoopy0,160,16± 0,02
Scoopy FI0,160,16± 0,02
Scoopy FI eSP0,120,18± 0,02
Sonic 150R0,160,24± 0,03
Spacy0,160,16± 0,02
Spacy FI0,160,16± 0,02
Supra Fit0,050,05± 0,02
Supra X 1100,050,05± 0,02
Supra X 1250,050,05± 0,02
Supra X 125 FI0,100,17± 0,02
Supra X Helm In0,100,17± 0,02
Supra X Helm In FI0,100,17± 0,02
Tiger0,100,10± 0,02
Vario 1100,160,27± 0,02
Vario 110 FI0,160,16± 0,02
Vario 110 FI eSP0,120,18± 0,02
Vario 125 FI eSP0,100,24± 0,02
Vario 150 FI eSP0,100,24± 0,02
Vario Techno 110 FI0,160,27± 0,02
Vario Techno 125 FI0,100,24± 0,02
Verza0,100,14± 0,02
Win0,050,05± 0,02
*Sumber : Buku Pedoman Reparasi AHASS

0 komentar:

Posting Komentar